Rabu, 13 Juni 2012

Tata Cara Shalat

Tata Cara Shalat


TATA CARA SHALAT [1]

Oleh
Syaikh Abdul Azhim bin Badawi al-Khalafi


Jika Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam berdiri untuk shalat, beliau menghadap ke arah Kiblat dan berdiri mendekat ke pembatas (sutrah).

Beliau Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda:

إِنَّمَا اْلأَعْمَالُ بِالنِّيَّاتِ، وَإِنَّمَا لِكُلِّ امْرِئٍ مَا نَوَى.

“Sesungguhnya amal itu tergantung niatnya. Dan sesungguh-nya setiap orang hanya mendapat (balasan) berdasarkan niatnya.”

Beliau Shallallahu 'alaihi wa sallam memulai shalat dengan ucapan:

اَللهُ أَكْبَرُ.

“Allah Mahabesar.”

Beliau mengangkat kedua tangannya lalu meletakkan yang kanan di atas yang kiri di atas dada. Beliau mengarahkan pandangannya ke tanah (tempat sujud). Kemudian membuka bacaan dengan berbagai macam do’a (do’a istiftah), beliau memuji, menyanjung dan memuliakan Allah. Kemudian beliau memohon perlindungan kepada Allah dari godaan syaitan yang terkutuk (ta’awwudz).

Kemudian membaca:

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ.

“Dengan menyebut Nama Allah Yang Maha Pemurah dan Maha Penyayang.”

Dengan tidak nyaring.

Kemudian membaca al-Faatihah dengan berhenti pada tiap-tiap ayat (tartil). Seusai membaca al-Faatihah, beliau mengucapkan: “Aamiin,” dengan menjaharkan (mengeraskan) dan memanjang-kan suaranya. Setelah membaca al-Faatihah, beliau membaca surat lainnya. Terkadang memanjangkannya, dan terkadang memendekkannya.

Beliau Shallallahu 'alaihi wa sallam mengeraskan bacaan pada shalat Shubuh dan dua raka'at pertama dari shalat Maghrib dan ‘Isya'. Serta memelankan bacaan pada shalat Zhuhur, ‘Ashar, raka’at ketiga dari shalat Maghrib serta dua raka’at terakhir dari shalat ‘Isya'.

Beliau juga mengeraskannya pada shalat Jum’at, dua Hari Raya, Istisqa', dan Gerhana.

Beliau menjadikan dua raka'at terakhir lebih pendek dari dua raka'at pertama kira-kira separuhnya, sekitar lima belas ayat, atau mencukupkan dengan al-Faatihah.

Kemudian jika beliau selesai membaca, beliau diam sejenak. Setelah itu beliau mengangkat kedua tangannya, bertakbir, dan ruku'. Beliau letakkan kedua telapak tangannya pada kedua lutut lalu meregangkan jari-jemarinya. Beliau tekankan kedua tangannya pada kedua lututnya seakan-akan menggenggamnya.

Beliau regangkan kedua sikunya ke samping sambil meratakan dan meluruskan punggungnya. Hingga andaikata dituangkan air di atasnya, niscaya air itu tetap tenang (tidak tumpah).

Beliau berdiam agak lama saat ruku' dan mengucapkan:

سُبْحَانَ رَبِّيَ الْعَظِيْمِ (ثَلاَثًا)

“Mahasuci Engkau, wahai Rabb-ku Yang Mahaagung.” (Diucapkan sebanyak tiga kali).

Dalam rukun ini beliau mengucapkan banyak macam dzikir dan do’a. Terkadang mengucapkan ini, terkadang pula yang itu. Beliau melarang membaca al-Qur-an dalam ruku' dan sujud.

Setelah itu beliau mengangkat punggungnya dari ruku’ sambil mengucapkan:

سَمِعَ اللهُ لِمَنْ حَمِدَهُ

“Allah mendengar orang yang memuji-Nya.”

Ketika i’tidal ini beliau mengangkat kedua tangannya sambil membaca:

رَبَّنَا وَلَكَ الْحَمْدُ.

“Ya Rabb kami, hanya bagi-Mu-lah segala pujian."

Terkadang beliau membaca do’a lebih dari itu. Kemudian beliau bertakbir dan menyungkur sujud.

Beliau meletakkan kedua tangannya di atas tanah sebelum kedua lututnya. Beliau bertelekan pada kedua telapak tangannya dan membuka (lengan)nya. Beliau Shallallahu alaihi wa sallam merapatkan jari-jemarinya dan menghadapkannya ke Kiblat. Beliau meletakkan sejajar dengan kedua bahunya dan terkadang sejajar kedua telinganya. Beliau menempelkan hidung dan dahinya ke tanah.

Beliau Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda:

أُمِرْتُ أَنْ أَسْجُدَ عَلَى سَبْعَةِ أَعْظَمٍ: عَلَى الْجَبْهَةِ وَأَشَارَ بِيَدِهِ عَلَى أَنْفِهِ، وَالْيَدَيْنِ وَالرُّكْبَتَيْنِ وَأَطْرَافِ الْقَدَمَيْنِ.

“Aku diperintahkan untuk bersujud di atas tujuh tulang: dahi -sambil menunjuk hidungnya dengan tangan- kedua tangan dan kedua lutut, serta ujung jari-jemari kedua kaki.”

Beliau juga pernah mengatakan:

لاَ صَلاَةَ لِمَنْ لاَ يُصِيْبُ أَنْفَهُ مِنَ اْلأَرْضِ مَا يُصِيْبُ الْجَبِيْنَ.

“Tidak (sempurna) shalat orang yang tidak menempelkan hidungnya ke tanah sebagaimana menempelkan dahinya.”

Beliau berdiam sejenak dalam sujudnya sambil mengucapkan:

سُبْحَانَ رَبِّيَ اْلأَعْلَى. (ثَلاَثًا)

“Mahasuci Rabb-ku Yang Mahatinggi.” (Diucapkan tiga kali)

Terkadang beliau juga membaca berbagai macam dzikir dan do’a, terkadang ini dan terkadang itu. Beliau memerintahkan untuk bersungguh-sungguh dan memperbanyak do’a pada rukun ini.

Kemudian beliau mengangkat kepala sambil bertakbir, lantas menggelar kaki kirinya dan mendudukinya (duduk iftirasy) dengan tenang. Beliau tegakkan telapak kaki kanannya sambil menghadapkan jari-jari telapak kaki kanan tersebut ke Kiblat. Lalu beliau mengucapkan:

اللّهُمَّ اغْفِرْ لِـي وَارْحَمْنِى، وَاجْبُرْنِي وَارْفَعْنِي، وَاهْدِنِي، وَعَافِنِي، وَارْزُقْنِي.

“Ya Allah, ampunilah aku, kasihilah aku, cukupilah kekurangan-ku, angkatlah derajatku, tunjukilah aku, maafkanlah aku, dan berilah rizki kepadaku.”

Kemudian beliau bertakbir dan melakukan sujud kedua sebagaimana yang pertama lalu mengangkat kepalanya sambil bertakbir.

Kemudian bangkit duduk tegak di atas kaki kirinya hingga tulang-tulang kembali pada tempatnya semula (duduk istirahat). Kemudian bangkit ke raka'at kedua dengan bertumpu pada tanah.

Beliau melakukan raka’at kedua sebagaimana raka’at pertama. Hanya saja beliau melakukannya lebih singkat daripada yang pertama.

Kemudian beliau duduk tasyahhud seusai raka'at kedua. Jika shalat terdiri dari dua rak'at, maka duduk iftirasy sebagaimana duduk di antara dua sujud. Begitupula pada raka'at kedua dari shalat yang berjumlah tiga atau empat raka'at. Jika beliau duduk tasyahhud, beliau letakkan telapak tangan kanannya di atas paha kanannya dan meletakkan telapak tangan kirinya di atas paha kirinya. Beliau buka tangan kirinya dan menggenggamkan tangan kanannya di atas paha kanannya sambil menunjuk dengan jari telunjuknya dan memusatkan pandangan padanya. Jika beliau mengangkat telunjuknya, beliau menggerak-gerakkannya dan berdo’a dengannya. Beliau bersabda, "Dia memiliki (pengaruh) yang lebih dahsyat terhadap syaitan daripada besi.” Maksudnya telunjuk tadi.

Beliau lantas membaca tahiyyat pada setiap dua raka'at. Beliau bershalawat bagi dirinya sendiri pada tasyahhud awal maupun yang seterusnya. Dan beliau mensyari'atkan hal ini pada umatnya. Dalam shalatnya beliau mengucapkan banyak do’a yang beraneka ragam.

Beliau kemudian mengucap salam sambil menoleh ke kanan dan mengucap: "اَلسَّـلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ (semoga kesejahteraan dan rahmat Allah terlimpahkan atas kamu sekalian." Begitupula pada yang kiri. Beliau terkadang menambah kalimat "وَبَرَكَاتُهُ (dan berkah-Nya)" pada salam pertama.

[Disalin dari kitab Al-Wajiiz fii Fiqhis Sunnah wal Kitaabil Aziiz, Penulis Syaikh Abdul Azhim bin Badawai al-Khalafi, Edisi Indonesia Panduan Fiqih Lengkap, Penerjemah Team Tashfiyah LIPIA - Jakarta, Penerbit Pustaka Ibnu Katsir, Cetakan Pertama Ramadhan 1428 - September 2007M]
_______
Footnote
[1]. Diringkas dari Shifatu Shalaatin Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam, karya Syaikh al-Albani.

http://almanhaj.or.id/content/825/slash/0

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar