Jilbab Hitam Menurut Ulama Yaman
Sebagian muslimah yang taat beragama beranggapan
bahwa satu-satunya warna pakaian muslimah yang ‘nyunnah’ adalah hitam.
Jika ada yang berpakaian dengan warna selain hitam -apapun warnanya- maka dia belum
menjadi muslimah sejati. Lebih parah lagi, ada yang beranggapan
bahwa warna hitam adalah tolak ukur muslimah yang bermanhaj salaf. Artinya jika
warna pakaian seorang muslimah bukan hitam maka dia bukan muslimah salafiyyah
(muslimah yang bermanhaj salaf).
Untuk menilai anggapan di atas, marilah kita simak
fatwa salah seorang ulama ahli sunnah di Yaman saat ini yaitu Syeikh
Abdullah bin Utsman adz Dzimari. Fatwa ini beliau sampaikan dalam sesi
tanya jawab setelah ceramah ilmiah yang beliau sampaikan dengan judul ‘Barokah
Tamassuk bis Sunnah’ (Keberkahan Berpegang Teguh dengan Sunnah/Ajaran
Nabi). Ceramah ini beliau sampaikan pada tanggal 19 Shofar 1427 H di radio ad
Durus as Salafiyyah minal Yaman. Fatwa beliau tentang warna pakaian muslimah
ini tepatnya ada pada menit 59:47- 1:02:39. Rekaman kajian ini ada pada kami.
Berikut ini transkrip fatwa beliau dan terjemahnya.
القارئ: هذا السائل من ليبيا يقول ما
الضابط للون بالنسبة لحجاب المرأة المسلمة الشرعي؟
Moderator mengatakan, “Ada seorang penanya dari
Libia yang mengajukan pertanyaan sebagai berikut. Apa warna yang pas untuk
pakaian muslimah yang sejalan dengan syariat?”
الجواب: اللون هو أحسن الألوان بالنسبة
لحجاب المرأة هو لون الأسواد لأن الغالب علي هذا اللون أنه لا يكون ملفتا للرجال.
Jawaban Syeikh Abdullah adz Dzimari, “Warna terbaik
untuk pakaian seorang wanita adalah hitam dengan dua alasan.
Alasan pertama, warna hitam biasanya tidak menarik dan memikat pandangan
laki-laki.
الأمر الثاني أن عائشة-رضي الله عنها-
عندما ذكرت بعض نساء الصحابة -في رواية:نساء المهاجرين, و في رواية: نساء الأنصار-
“رحم الله نساء المهاجرين عندما نزلت آية الحجاب عمدن إلي مروطهن وشققنها وحتي
أصبحن كالغربان”.
Alasan kedua, ketika Aisyah menceritakan sebagian
istri para shahabat – pada satu riwayat dikatakan ‘istri para shahabat
Mujahirin’ namun pada riwayat yang lain disebutkan ‘istri para shahabat Anshor-
“Semoga Allah melimpahkan rahmatNya kepada para istri shahabat Muhajirin.
Ketika ayat tentang jilbab turun, mereka robek kain korden lalu mereka kenakan
sebagai jilbab sehingga mereka seperti burung gagak”.
عائشة تشابه النساء كالغراب و الغراب
يكون كله أسود اللون لا يري عليه أثر البياض. فهذا هو الأقرب و يكون بعيدا من أي
لون أو تفصيل أو شكل للزينة.
هذا من ناحية اللون.
هذا من ناحية اللون.
Dalam riwayat ini, Aisyah menyerupakan para
shahabiyah dengan burung gagak. Sedangan buruk gagak itu seluruh tubuhnya
berwarna hitam. Tidak ada warna putih sedikitpun. Inilah warna yang tepat
karena dengan memakai warna pakaian seperti ini maka wanita yang bersangkutan
terhindar dari warna pakaian, corak dan motif yang menari perhatian lawan
jenis.
و أما من ناحية الصفات فبعض أهل العلم ذكرثمان
الصفات للحجاب الشرعي. أن يكون الحجاب فضفاضا واسعا, لا ضيقا, و أن يكون سميكا
غليظا, لا شفافا و أن يكون هذا الحجاب من ثياب النساء, لا من ثياب الرجال و أن
يكون سابغا للجسد كله لا يظهر شيئا من الجسد و أن يكون خاليا من العطور والبخور و
غيرها من روائح. لأنها إذا خرجت لا يحل لها أن تخرج متعطرة أو متبخرة. وكذلك أن لا
يكون ثوب الزينة. وكذلك أن لا يكون ثوب الشهرة. وكذلك أن لا تكون المرأة متشابة به
بالكافرات.
فمثل هذه الأوصاف ينبغي أن تراعي في الحجاب.
فمثل هذه الأوصاف ينبغي أن تراعي في الحجاب.
Tentang criteria pakaian muslimah yang sesuai
syariat, sebagian ulama menyebutkan ada delapan kriteria.
- Longgar, lapang dan tidak ketat
- Tebal dan tidak transparan
- Model pakaian yang dipakai adalah model pakaian wanita, bukan model atau bentuk pakaian laki-laki
- Menutup badan secara sempurna sehingga tidak ada satupun bagian badan yang nampak
- Tidak diberi wewangian karena ketika keluar rumah seorang wanita dilarang untuk mengenakan wewangian
- Tidak menarik perhatian lawan jenis
- Bukan pakaian tampil beda yang menyebabkan orang yang memakainya menjadi kondang di masyarakat
- Bukan model pakaian yang menjadi ciri khas wanita kafir sehingga dengan memakainya muslimah tersebut menyerupai wanita kafir. Inilah kriteria yang harus dipenuhi ketika seorang muslimah hendak berpakaian dengan sempurna.
و أما اللون فقد سمعتم. و إذا كان هناك
لون آخر هادئ و هو مشهور في أوساط البلد اللتي تعيش فيهاهذه المرأة و لا تكون
منفردة به فلا مانع إذا كان غير ملفت.
Tentang warna, telah kalian ketahui warna yang
terbaik. Namun jika memang ada warna lembut(tidak mencolok) selain hitam yang
biasa dipakai oleh para wanita di masyarakat setempat sehingga jika ada seorang
muslimah yang mengenakannya maka dia tidak menjadi nyleneh di masyarakatnya
maka tidak terlarang selama warna pakaian tersebut tidak menarik perhatian
lawan jenis.
Sampai di sini penjelasan Syeikh Abdullah adz
Dzimari.
Dari penjelasan di atas, jelaslah bahwa warna
pakaian muslimah selain hitam itu diperbolehkan selama tidak menarik
perhatian lawan. Tolak ukur penilaian warna yang menarik perhatian dan
tidak adalah ‘urf atau nilai yang berlaku di masyarakat.
Oleh karenanya memakai warna pakaian semacam itu tidaklah menurunkan kadar dan kualitas ke-ahlisunnah-an atau ke-salafi-an seorang muslimah.
Oleh sebab itu menilai seorang muslimah itu salafiyyah ataukah bukan dengan melihat warna jilbabnya hitam ataukah bukan adalah suatu hal yang keliru dan sangat tidak berdasar.
Meski tidaklah kita ingkari bahwa memilih warna hitam sebagai pakaian muslimah itu yang lebih afdhol. Akan tetapi yang sangat merisaukan adalah ketika warna hitam ini dijadikan tolak ukur dan parameter apakah seorang wanita itu salafiyyah ataukah bukan tanpa dasar dalil dan ilmu.
Oleh karenanya memakai warna pakaian semacam itu tidaklah menurunkan kadar dan kualitas ke-ahlisunnah-an atau ke-salafi-an seorang muslimah.
Oleh sebab itu menilai seorang muslimah itu salafiyyah ataukah bukan dengan melihat warna jilbabnya hitam ataukah bukan adalah suatu hal yang keliru dan sangat tidak berdasar.
Meski tidaklah kita ingkari bahwa memilih warna hitam sebagai pakaian muslimah itu yang lebih afdhol. Akan tetapi yang sangat merisaukan adalah ketika warna hitam ini dijadikan tolak ukur dan parameter apakah seorang wanita itu salafiyyah ataukah bukan tanpa dasar dalil dan ilmu.
Wallahu a’lam.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar