Rabu, 18 Juli 2012

MAYORITAS PENGHUNI NERAKA ADALAH WANITA


MAYORITAS PENGHUNI NERAKA ADALAH WANITA

Dari Usamah bin Zaid, ia berkata: "Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda:

'Aku berdiri di depan pintu Surga, ternyata kebanyakan yang memasukinya adalah orang-orang miskin, sedangkan orang-orang kaya masih tertahan. Kecuali penduduk Neraka, karena Allah telah memerintahkan mereka untuk dimasukkan ke dalam Neraka. Kemudian, aku berdiri di depan pintu Neraka, ternyata kebanyakan yang memasukinya adalah para wanita.' "
(Shahiihul Jaami, no. 4411 -pen)

Dari 'Iman bin Hushain, ia berkata bahwa Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda:

"Sesungguhnya penghuni Surga yang paling sedikit adalah wanita." (Shahiihul Jaami' no. 1574 -pen)

Maksudnya adalah karena kaum wanita itu sering kalah menghadapi hawa nafsunya dan lebih cenderung memperhatikan perhiasan dunia karena kurangnya akal mereka untuk membuka pandangan mereka terhadap kehidupan akhirat.

Oleh karena itu, mereka merasa lemah untuk beramal sebagai bekal kehidupan akhirat (kelak). Bahkan, mereka menjauhinya karena kecenderungan (hati dan nafsunya) kepada gemerlapnya dunia dan ingin selalu berhias dengan perhiasannya.

Kemudian setelah itu, mereka adalah faktor terkuat di dunia yang dapat memalingkan kaum laki-laki karena hawa nafsu mereka sehingga tergoda oleh para wanita tersebut. Maka kebanyakan kaum wanita berpaling dari kehidupan akhirat.

Mereka juga mengajak lawan jenisnya untuk berpaling dari kehidupan akhirat. Mereka sangat mudah terperdaya oleh orang-orang yang mengajaknya untuk meninggalkan (syari'at) agama dan sangat sulit untuk menerima ajakan (seruan dan nasihat) dari orang yang ingin mengajaknya dari kalangan orang yang bertakwa kepada kehidupan akhirat dan amalan-amalan yang dapat menjadi bekal kehidupan akhirat.
(At-Tadzkirah Karya Imam Al-Qurthubi hlm. 369)

Wallahu a'lam bish shawwab..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar