Jumat, 22 Maret 2013

HORMON PROGESTERON

HORMON PROGESTERON



Progesteron merupakan salah satu hormon yang berperan cukup besar selama kehamilan. Progesteron akan meningkat seiring bertambahnya usia kehamilan dan menurun pada akhir kehamilan.

Fungsi hormon ini salah satunya yaitu ikut merangsang perkembangan jaringan tubuh (diantaranya pembesaran kelenjar payudara untuk mempersiapkan produksi ASI) dan membuat bunda kerap merasakan nyeri saat menekan payudara. Areola yang melebar dan lebih gelap akibat hormon inimerupakan persiapan proses menyusui setelah bunda melahirkan nanti.

Efek adanya hormon ini yaitu:
- Membuat sistem pencernaan bekerja lebih lambat sehingga membuat sulit bab atau kembung
- Menimbulkan rasa mual ingin muntah mengakibatkan suasana hati menjadi fluktuatif, kadang merasa tenang kadang sebaliknya
- Suhu tubuh meningkat yang terkadang mempengaruhi gairah bercinta
- Menyebabkan tulang rawan di daerah panggul lebih lunak sehingga menimbulkan ketidaknyamanan di pinggul dan area tulang kemaluan
- Menyebabkan pembuluh darah melebar sehingga tekanan darah menjadi turun. Inilah yang membuat bunda terkadang merasakan pusing.


Keluhan kehamilan itu wajar, tergantung bagaimana cara mengatasinya. Jadi, jalanilah kehamilan dengan sebaik-baiknya, agar kehamilannya tetap sehat. Selamat beraktifitas,,, ;)





 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar