Minggu, 09 Desember 2012

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Kelas/Semester : VIII (Delapan) / 1 Aspek / Skill : Menulis



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SMP                            : SMP NEGERI 1 Sungai Kakap
Mata Pelajaran            : Bahasa Inggris
Kelas/Semester            : VIII (Delapan) / 1
Jenis Teks                    : Teks descriptive dan Recount
Tema                           : Flora and Fauna
Aspek / Skill                : Menulis
Alokasi Waktu            : 2 x 40 menit
Metode Pembelajaran / Teknik : TPR dan PPP

A.    Standar Kompetensi   
Mengungkapkan makna dalam teks tulis fungsional dan esai pendek sederhana berbentuk descriptive dan recount untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar.

B.     Kompetensi Dasar
Mengungkapkan makna dan langkah retorika dalam esai pendek sederhana dengan  menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar dalam teks berbentuk descriptive dan recount 

C.     Indikator       
1.Melengkapi teks esei pendek rumpang berbentuk descriptive dan        recount
2.Menyusun kalimat acak menjadi teks pendek yang bermakna dalam bentuk descriptive         dan recount    

D.    Tujuan Pembelajaran.
Pada akhir pembelajaran siswa dapat :
·        Menentukan kata yang cocok atau tepat untuk melengkapi teks pendek rumpang yang berbentuk descriptive
·        Menyusun kalimat acak secara berurutan menjadi teks pendek yang bermakna dalam bentuk descriptive

  1. Media
1.      Picture of flower
2.      Whiteboard
3.      Pieces of paper

  1. Sumber Belajar.
b)      Buku The Bridge English Competence for smp grade VIII
c)      Kamus Bahasa Inggris

  1. Materi Pembelajaran.
Terlampir


  1. Kegiatan Pembelajaran
No
Langkah
Kegiatan guru
Kegiatan siswa
Karakter
Waktu
1
Awal
·         Salam sapa dan doa
·         Mengecek kehadiran peserta didik
·         Menyampaikan indikator dan tujuan
·         Memberikan apersepsi: Tanya jawab tentang berbagai hal terkait topik  dan materi
a)      Do you like flower?
b)      What kind of flower do you like?
c)      Why do you like it?
·         Menjawab salam dan doa

·         Mendengarkan
·         Menjawab apersepsi guru



Religius
Sopan santun
Perhatian
10 menit
2
Inti
·        Memberikan contoh teks descriptive tentang Rose kepada siswa
·        Membaca teks.
·        Meminta Siswa mencari kosa kata sulit dari teks.
·        Meminta Siswa menemukan makna kosa kata sulit dengan bantuan kamus
·        Membahas kosa kata tentang bunga bersama siswa
·        Memberikan students’ worksheet kepada siswa.
·        Meminta Siswa mengerjakan worksheet dengan menggunakan kosa kata yang telah diberikan untuk melengkapi teks descriptive sederhana rumpang.

·        Meminta Siswa menggunakan kosa kata untuk memahami kalimat – kalimat acak.



·        mendengarkan
·        Siswa mencari kosa kata sulit dari teks yang diberikan guru
·        Siswa menemukan makna kosa kata sulit dengan bantuan kamus
·        Bersama guru membahas kosa kata tentang bunga.
.

·        Mengerjakan students’ worksheet dengan bantuan kamus dan menggunakan kosa kata tersebut untuk melengkapi teks descriptive sederhana rumpang.
·        Siswa menggunakan kosa kata untuk memahami kalimat – kalimat acak.
Percaya diri.
Kerjasama kreatif.
Disiplin.
Tanggung jawab.
50 menit
3
Akhir
·         Membahas soal bersama siswa
·         Menyimpulkan materi bersama siswa
·         Memberikan feedback kepada siswa
·         Mengakhiri pelajaran dengan hamdalah dan salam

·         Membahas soal bersama guru
·         Menyimpulkan materi bersama guru
·         mendengarkan
·         Mengucapkan hamdalah dan salam
Percaya diri
Religius
Sopan santun
Perhatian
20 menit


  1. Penilaian.
a)                                                      Teknik : Tes tertulis
b)                                                      Bentuk            : uraian berstruktur
c)                                                      Instrument       : terlampir
Pedoman Penilaian.
       1. Untuk nomor 1 - 15, Romawi I, tiap jawaban benar skor 3
    2. Untuk nomor 1 - 10, Romawi II, tiap jawaban benar diberi skor 2
    3.  Untuk nomor 1 - 5, Romawi III, tiap jawaban benar diberi skor 1


 

    4. Jumlah skor maksimal             
             I. 15 x 3 = 45
               II .10 x 2 = 20
              III. 5 x 1  = 5
                     Jml    =  70

     5. Nilai maksimal = 100

                      Skor Perolehan
Nilai Siswa= ------------------ x 100
                       Skor Maksimal


I.                   Rubrik Penilaian:
No.
Uraian
Skor
I
Isi benar, tata bahasa benar
Isi benar, tata bahasa kurang tepat
Isi dan tata bahasa kurang tepat
Tidak menjawab
3
2
1
0
II
Setiap jawaban yang benar
Setiap jawaban yang salah/tidak dijawab
2
0
III
Setiap jawaban yang benar
Setiap jawaban yang salah/tidak dijawab
1
0

Mengetahui                                                                                           Pontianak. …  Nopember 2012
  Guru Pamong                                                                                                Mahasiswi

                                                                       
____Waldi , S.Pd_______                                                                              (Mita Rosmina)
   NIP.19551017 197703 1 002                                                                      NIM. F42108040



                       
Lampiran Materi Pembelajaran
1.      Descriptive Text - Rose
http://2.bp.blogspot.com/-ubqeBko8dV0/T5d8BCMQi7I/AAAAAAAAACA/yrgBeGRicG4/s200/mawar.jpg
    
     Rose is Flower, many people like this flower because has smell fragant, beautifull flower, etc. This flower usually used for love symbol. The colour of rose are various. But, many people like red rose.

    Rose is beautifull flower, because the colour are various they are red, white,yellow and many more. But, some rose flower are scarce they are blue rose, purple rose, and so on. The characteristic of rose are beautifull flower, have smell fragant, have thorn in this stem.

    Thorn in stem of rose be contained of poison it useful to protect rose flower frome animal whose want to eat rose and in order to growth well.


2.      Kosa Kata:
Flower, smell fragant, beautiful, color of rose, thorn, stem, poison.
biggest, derived, gave, high, botany, plant, begins, blooms, leave, stem, main root, unpleasant smell, bottom.



Students’ worksheet


       I.            find the meaning in Indonesian of these words in the dictionary
1.      biggest
2.      derived
3.      gave
4.      built
5.      botany
6.      plant
7.      begins
8.      blooms
9.      leave
10.  stem
11.  main roots
12.  fibrous roots
13.  unpleasant smell
14.  bottom
15.  trunk

























    II.            Complete the short paragraph with suitable words on the right


The Rafflesia Arnoldi is the 1)...............flower in the world.
The name Rafflesia is 2) ...........from the British governor general,
Sir Thomas Stamford raffles, a man who 3) .................high attention to the study of botany and 4) ..................the botanical garden in Bogor.
The rafflesia plant 5) ...................to flower in its tenth year.
It 6) ................three or four times in a year.
Before it begins to flower, the 7) ...................and 8) ...............become dry and look death, but the main root in the ground is still alive.
When it blooms, it has 9) ....................smell which attract insects.
But when they touch the 10) ..................part, they die.


a. an unpleasant
b. leaves
c. begins
d. Bottom
e. Stem
f. Gave
g. Biggest
h. Blooms
i. Derived
j. Flower
k. Built














 III.            Arrange these following sentences into the good paragraph !
1.      It consists of two parts, the stick and the pettals
2.      It blooms three or four times in a year
3.      The Rafflesia Arnoldi is the biggest flower in the world
4.      It has a flower almost a meter in diameter and 1,40 meters in height
5.      It is derived from British Governor General, Sir Thomas Stamford Raffles




Kunci Jawab:
I.       1. Terbesar
2. berasal
3. memberikan
4. membangun
5. ilmu tumbuhan
6. tanaman
7. mulai
8. mekar
9. daun
10. tangkai
11. akar tunggang
12. akar serabut
13. bau tdk enak
14. pangkal
15. batang

     II . 1. Biggest
2. derived
3. gave
4. built
5. begins
          6. blooms
7. leaves                       
8. stem
9. consists
10. bottom

     III. . 3, 5, 2, 1, 4                                                                                                    
  


           

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar