RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SMP :
SMP NEGERI 1 Sungai Kakap
Mata Pelajaran :
Bahasa Inggris
Kelas/Semester :
VIII (Delapan) / 1
Jenis Teks :
Teks descriptive dan Recount
Tema : Flora and Fauna
Aspek / Skill :
Menulis
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit
Metode Pembelajaran /
Teknik : TPR dan PPP
A. Standar Kompetensi
Mengungkapkan makna dalam teks tulis
fungsional dan esai pendek sederhana berbentuk descriptive dan recount untuk
berinteraksi dengan lingkungan sekitar.
B. Kompetensi Dasar
Mengungkapkan makna dan langkah retorika
dalam esai pendek sederhana dengan
menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk
berinteraksi dengan lingkungan sekitar dalam teks berbentuk descriptive dan
recount
C. Indikator
1.Melengkapi teks esei pendek rumpang
berbentuk descriptive dan recount
2.Menyusun kalimat acak menjadi teks pendek
yang bermakna dalam bentuk descriptive dan
recount
D. Tujuan
Pembelajaran.
Pada akhir pembelajaran siswa
dapat :
·
Menentukan
kata yang cocok atau tepat untuk melengkapi teks pendek rumpang yang berbentuk
descriptive
·
Menyusun
kalimat acak secara berurutan menjadi teks pendek yang bermakna dalam bentuk
descriptive
- Media
1. Picture of flower
2. Whiteboard
3. Pieces of paper
- Sumber Belajar.
b) Buku The Bridge English Competence for smp
grade VIII
c) Kamus Bahasa Inggris
- Materi Pembelajaran.
Terlampir
- Kegiatan Pembelajaran
No
|
Langkah
|
Kegiatan guru
|
Kegiatan siswa
|
Karakter
|
Waktu
|
1
|
Awal
|
·
Salam
sapa dan doa
·
Mengecek
kehadiran peserta didik
·
Menyampaikan
indikator dan tujuan
·
Memberikan
apersepsi: Tanya jawab tentang berbagai hal terkait topik dan materi
a)
Do you like flower?
b)
What kind of flower do you like?
c)
Why do you like it?
|
·
Menjawab salam dan doa
·
Mendengarkan
·
Menjawab apersepsi guru
|
Religius
Sopan santun
Perhatian
|
10 menit
|
2
|
Inti
|
·
Memberikan contoh teks descriptive tentang Rose kepada siswa
·
Membaca teks.
·
Meminta Siswa mencari kosa kata sulit dari teks.
·
Meminta Siswa menemukan makna kosa kata sulit dengan bantuan kamus
·
Membahas kosa kata tentang bunga bersama siswa
·
Memberikan students’ worksheet kepada siswa.
·
Meminta Siswa mengerjakan worksheet dengan menggunakan kosa kata yang telah diberikan untuk melengkapi
teks descriptive sederhana rumpang.
·
Meminta Siswa menggunakan kosa kata untuk memahami
kalimat – kalimat acak.
|
·
mendengarkan
·
Siswa mencari kosa kata sulit dari teks yang diberikan guru
·
Siswa menemukan makna kosa kata sulit dengan bantuan kamus
·
Bersama guru membahas kosa kata tentang bunga.
.
·
Mengerjakan students’ worksheet dengan bantuan kamus dan menggunakan kosa kata
tersebut untuk melengkapi teks descriptive sederhana rumpang.
·
Siswa menggunakan kosa kata untuk memahami kalimat – kalimat acak.
|
Percaya diri.
Kerjasama kreatif.
Disiplin.
Tanggung jawab.
|
50 menit
|
3
|
Akhir
|
·
Membahas soal bersama siswa
·
Menyimpulkan materi bersama
siswa
·
Memberikan feedback kepada
siswa
·
Mengakhiri pelajaran dengan hamdalah dan salam
|
·
Membahas soal bersama guru
·
Menyimpulkan materi bersama guru
·
mendengarkan
·
Mengucapkan hamdalah dan salam
|
Percaya diri
Religius
Sopan santun
Perhatian
|
20 menit
|
- Penilaian.
a)
Teknik : Tes tertulis
b)
Bentuk : uraian berstruktur
c)
Instrument : terlampir
Pedoman Penilaian.
1.
Untuk nomor 1 - 15, Romawi I, tiap jawaban benar skor 3
2. Untuk nomor 1 - 10, Romawi II, tiap jawaban benar
diberi skor 2
3. Untuk nomor
1 - 5, Romawi III, tiap jawaban benar diberi skor 1
4. Jumlah skor maksimal
I.
15 x 3 = 45
II .10 x 2 = 20
III. 5 x 1 = 5
Jml = 70
5.
Nilai maksimal = 100
Skor
Perolehan
Nilai Siswa= ------------------ x 100
Skor
Maksimal
|
I.
Rubrik
Penilaian:
No.
|
Uraian
|
Skor
|
I
|
Isi benar, tata bahasa benar
Isi benar, tata bahasa kurang tepat
Isi dan tata bahasa kurang tepat
Tidak
menjawab
|
3
2
1
0
|
II
|
Setiap jawaban yang benar
Setiap
jawaban yang salah/tidak dijawab
|
2
0
|
III
|
Setiap jawaban yang benar
Setiap
jawaban yang salah/tidak dijawab
|
1
0
|
Mengetahui Pontianak. … Nopember 2012
Guru Pamong Mahasiswi
____Waldi , S.Pd_______ (Mita
Rosmina)
NIP.19551017 197703 1 002 NIM.
F42108040
Lampiran Materi Pembelajaran
1.
Descriptive Text - Rose
Rose is Flower, many people like this flower because has smell fragant, beautifull flower, etc. This flower usually used for love symbol. The colour of rose are various. But, many people like red rose.
Rose is beautifull flower, because the colour are various they are red, white,yellow and many more. But, some rose flower are scarce they are blue rose, purple rose, and so on. The characteristic of rose are beautifull flower, have smell fragant, have thorn in this stem.
Thorn in stem of rose be contained of poison it useful to protect rose flower frome animal whose want to eat rose and in order to growth well.
2. Kosa Kata:
Flower, smell fragant, beautiful, color of
rose, thorn, stem, poison.
biggest, derived, gave, high, botany,
plant, begins, blooms, leave, stem, main root, unpleasant smell, bottom.
Students’
worksheet
I.
find the meaning in Indonesian of these
words in the dictionary
1. biggest
2. derived
3. gave
4. built
5. botany
6. plant
7. begins
8. blooms
9. leave
10. stem
11. main roots
12. fibrous roots
13. unpleasant smell
14. bottom
15. trunk
II.
Complete the short paragraph with suitable
words on the right
The Rafflesia Arnoldi is the
1)...............flower in the world.
The name Rafflesia is 2) ...........from
the British governor general,
Sir Thomas Stamford raffles, a man who
3) .................high attention to the study of botany and 4)
..................the botanical garden in Bogor.
The rafflesia plant 5)
...................to flower in its tenth year.
It 6) ................three or four
times in a year.
Before it begins to flower, the 7)
...................and 8) ...............become dry and look death, but the
main root in the ground is still alive.
When it blooms, it has 9)
....................smell which attract insects.
But when they touch the 10)
..................part, they die.
|
a. an
unpleasant
b. leaves
c. begins
d. Bottom
e. Stem
f. Gave
g. Biggest
h. Blooms
i. Derived
j. Flower
k. Built
|
III.
Arrange these following sentences into the
good paragraph !
1. It consists of two parts, the stick and
the pettals
2. It blooms three or four times in a year
3. The Rafflesia Arnoldi is the biggest
flower in the world
4. It has a flower almost a meter in diameter
and 1,40 meters in height
5. It is derived from British Governor
General, Sir Thomas Stamford Raffles
Kunci
Jawab:
I. 1. Terbesar
2. berasal
3.
memberikan
4. membangun
5. ilmu
tumbuhan
6. tanaman
7. mulai
8. mekar
9. daun
10. tangkai
11. akar tunggang
12. akar
serabut
13. bau tdk
enak
14. pangkal
15. batang
II . 1. Biggest
2. derived
3. gave
4. built
5. begins
6. blooms
7. leaves
8. stem
9. consists
10. bottom
III. . 3, 5, 2, 1, 4
Tidak ada komentar:
Posting Komentar