Minggu, 09 Desember 2012

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Kelas/Semester : VIII (Delapan) / 1 Aspek / Skill : Reading(Membaca)


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
                                                                (RPP)    
SMP                                                  : SMP NEGERI 1 Sungai Kakap
Mata Pelajaran                                  : Bahasa Inggris
Kelas/Semester                                  : VIII (Delapan) / 1
Jenis Teks                                          : Recount Text
Tema                                                 : Health
Aspek / Skill                                     : Reading(Membaca)
Alokasi Waktu                                  : 2 x 40 menit
Metode Pembelajaran / Teknik        :
1)      Three-phase teknique
2)      Snap reading
3)      Reading aloud
4)      Multiple choice question

A.    Standar Kompetensi
Memahami makna teks tulis fungsional  dan esei pendek sederhana  berbentuk descriptive dan recount  yang berkaitan dengan lingkungan sekitar

B.     Kompetensi Dasar
Membaca nyaring bermakna teks tulis fungsional dan  esei berbentuk descriptive  dan recount pendek dan sederhana dengan ucapan, tekanan dan intonasi yang berterima yang berkaitan dengan lingkungan sekitar

C.    Indikator                
·         Membaca dengan nyaring dan bermakna teks fungsional pendek berbentuk teks recount.                                   
·         Mengidentifikasi berbagai informasi dalam teks fungsional pendek berbentuk teks recount.

D.    Tujuan Pembelajaran.
Pada akhir pembelajaran siswa dapat :
-   Membaca dengan baik teks recount
-   Mengenali intonasi di dalam membaca teks recount
-   Mengenali tanda baca dalam teks recount

E.     Media:
whiteboard and a pieces of paper.

F.     Sumber :
Modul bahasa Inggris PUPIN halaman 40 dan halaman 57

G.    Materi Pembelajaran:
Terlampir


H.    Kegiatan Pembelajaran
No
langkah
Kegiatan guru
Kegiatan siswa
karakter
waktu
1
Awal
·         Salam sapa dan doa
·         Mengecek kehadiran peserta didik
·         Menyampaikan indikator dan tujuan
·         Memberikan apersepsi: Tanya jawab tentang berbagai hal terkait topik  dan materi
a)      Have you ever had a fever?
b)      What causes fever?
c)      Do you go to a doctor or hospital when you sick?
·         Memotivasi siswa (health is wealth. Health is better than wealth. The first wealth is health. Being healthy is everybody’s wish. But sometimes we forget how precious health is until we get sick. Maintaining our health is very important. So to stayhealthy, we have to eat healthy food and live healthy live. We should not smoke and drink alcohol. Instead, eat more fruit and vegetables and do exercise regularly)
·         Menjawab salam dan doa.
·         Mendengarkan
·         mendengarkan
·         Menjawab apersepsi guru





·         mendengarkan
Religius
Sopan santun
Perhatian
10 menit
2
Inti
Eksplorasi
·         Menjelaskan materi tentang recount text
·         Membagikan teks bacaan  kepada siswa

·         Menyimak
Percaya diri.
Kerjasama kreatif.
Disiplin.
Tanggung jawab.


50 menit
Elaborasi
·         Membaca teks bersama siswa( listen and repeat)
·         Meminta siswa membaca teks secara bersama
·         Meminta siswa membaca teks secara bergantian
·         Meminta seorang siswa membaca teks di depan kelas

·         Mendengarkan kemudian membaca
·         Membaca secara bersama
·         Membaca secara bergantian
·         .membaca teks didepan kelas

Konfirmasi
·         Menanyakan kata yang sulit dan mengartiknya bersama siswa
·         Memberikan soal kepada siswa

·         Menyebutkan kata yang sulit
·         Menjawab soal
3
penutup
·         Membahas soal bersama siswa
·         Menyimpulkan materi bersama siswa
·         Memberikan feedback kepada siswa
·         Mengakhiri pelajaran dengan hamdalah dan salam
·         Membahas soal bersama guru
·         Menyimpulkan materi
·         Mengucapkan hamdalah dan salam
Percaya diri.
Kerjasama kreatif
20 menit





  1. Penilaian.
a.       Teknik                   : Tes tertulis
b.      Bentuk                  : uraian
c.       Instrument             : terlampir
d.      Pedoman Penilaian :
1. Jawaban benar skor 1
2. Nilai maksimal = 10
3. Nilai Siswa = 1 X 10

Rubrik Penilaian:
 
No.
Uraian
Skor
I
Setiap jawaban yang benar
Tidak menjawab
1
0



Mengetahui                                                                                           Pontianak. …  Nopember 2012
  Guru Pamong                                                                                                Mahasiswi

                                                                       
____Waldi , S.Pd_______                                                                              (Mita Rosmina)
   NIP.19551017 197703 1 002                                                                      NIM. F42108040



                                             

Lampiran 1 (Materi Reading)
Recount Text

Secara harfiah,  recount bermakna "menceritakan". Jadi recount text bisa diartikan sebagai "Text yang menceritakan".
Recount text adalah a text that telling the reader about one story, action or activity. Its goal is to entertaining or informing the reader and tells the pas event. . (sebuah teks yang menceritakan sebuah cerita, aksi ataupun aktifitas. Tujuan recount text adalah untuk menghibur atau menginformasikan pembaca dan menceritakan kejadian di masa lampau.)

past tense

Past
Simple
S + V2
Continuous
S + was/were + V-ing
Perfect
S + had + V3
Perfect Continuous
S + had + been + V-ing

Keterangan:

V2        :

Past verb, misalnya kata “go” maka bentuk V2 (verb 2) nya adalah went
Lihat daftar regular/irregular verb di kamus-kamus monolingual yang terpercaya,
semisal Go – went – gone

V3        :

Past participle, dikenal  verb 3. Contoh kata verb 3 “go”  adalah gone.


V-ing
Adalah verb ditambah –ing yang menyatakan perbuatan sedang atau masih dilakukan. . Contohnya go menjadi going yang artinya sedang pergi.

Generic structure (susunan umum) recount text ini terdiri dari:
  • Orientation tells who was involved, what happened, where the events took place, and when it happened. ("Orientation" menceritakan siapa saja yang terlibat dalam cerita, apa yang terjadi, di mana tempat peristiwa terjadi, dan kapan terjadi peristiwanya)
  • Events tell what happened and in what sequence. ("Event" menceritakan apa yang terjadi (lagi) dan menceritakan urutan ceritanya)
  • Reorientation consists of optional-closure of events/ending. ("Reorientation" berisi penutup cerita / akhir cerita)
Lampiran teks, soal beserta kunci jawaban
Read the text below (bacalah text dibawah ini)
            Nina was sick two days ago. She got a fever. She stayed in bed all morning. She didn’t go to school. Her mothers, Mrs. Dewi, telephoned the school to ask for her leave. Then, she brought her to meet the doctor. The doctor examined her. He said, “ you get a flu, Nina. You should take a rest for three days. I’ll prescribe for two kinds of medicine. I hope you’ll get well soon.” Nina and her mother thanked the doctor.
After getting home, Mrs. Dewi went to the dispensary to buy the medicines. It took some times to prepare the medicine. The pharmacist then called Nina’s name. Mrs. Dewi drew near to pay the medicine. “Your daughter should take the medicine three times a day, Ma’am”, said the pharmacist. “All right,” said Mrs. Dewi. Then she paid for the medicine and went home.
Read the text carefully and answer the question by choosing the correct answer (a,b, c or ,d)
I.                   Choose the correct answer by crossing a, b, c, or d.
1.      Who is sick?
a.       Nina
b.      Mrs. Dewi
c.       Mr. Dewi
d.      Doctor

2.      Who is Mrs. Dewi?
a.       A Doctor
b.      A Nurse
c.       A Teacher
d.      A Mother

3.      Why was Nina absent from school?
a.       she went out of town
b.      she got ill
c.       she had to take care her sick mother
d.      she worked in a dispensary

4.      How did she feel?
a.       she felt feverish
b.      she felt happy
c.       she felt blissgul
d.      she felt intense

5.      Whom  did she meet?
a.       pediatrician
b.      doctor
c.       ophthalmologist
d.      oculist





6.      Who examine Nina?
a.       Nurse
b.      Doctor
c.       Hospital
d.      Mother

7.      What kind of disease did she have?.
a.       cough
b.      eye strain
c.       influenza
d.      broken bone

8.      How often should she take the medicine?
a.       once in two days
b.      three times a day
c.       three times in two days
d.      twice a day

9.      How long should she take a rest?
a.       a week
b.      two days
c.       five days
d.      three days

10.  Why does Mrs. Dewi  bring Nina to a doctor?
a.       because Nina wants to see a doctor
b.      because Nina has a fever
c.       because Mrs. Dewi cannot make the medicine herself
d.      because Mrs. Dewi wants to better soon










Tidak ada komentar:

Posting Komentar