RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SMP : SMP NEGERI 1 Sungai Kakap
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : VIII (Delapan) / 1
Jenis Teks : Recount Text
Tema :
Health
Aspek / Skill : Reading(Membaca)
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit
Metode Pembelajaran / Teknik :
1)
Three-phase
teknique
2) Snap reading
3) Reading aloud
4)
Multiple
choice question
A.
Standar Kompetensi
Memahami makna teks tulis
fungsional dan esei pendek
sederhana berbentuk descriptive dan
recount yang berkaitan dengan lingkungan
sekitar
B.
Kompetensi Dasar
Membaca nyaring
bermakna teks tulis fungsional dan esei
berbentuk descriptive dan recount pendek dan
sederhana dengan ucapan, tekanan dan intonasi yang berterima yang berkaitan
dengan lingkungan sekitar
C. Indikator
·
Membaca
dengan nyaring dan bermakna teks fungsional pendek berbentuk teks recount.
·
Mengidentifikasi
berbagai informasi dalam teks fungsional pendek berbentuk teks recount.
D. Tujuan Pembelajaran.
Pada akhir pembelajaran siswa dapat :
-
Membaca
dengan baik teks recount
-
Mengenali
intonasi di dalam membaca teks recount
-
Mengenali
tanda baca dalam teks recount
E. Media:
whiteboard
and a pieces of paper.
F. Sumber :
Modul bahasa Inggris
PUPIN halaman 40 dan halaman 57
G. Materi Pembelajaran:
Terlampir
H. Kegiatan Pembelajaran
No
|
langkah
|
Kegiatan guru
|
Kegiatan siswa
|
karakter
|
waktu
|
1
|
Awal
|
·
Salam
sapa dan doa
·
Mengecek
kehadiran peserta didik
·
Menyampaikan
indikator dan tujuan
·
Memberikan
apersepsi: Tanya jawab tentang berbagai hal terkait topik dan materi
a)
Have you ever had a fever?
b)
What causes fever?
c)
Do you go to a doctor or
hospital when you sick?
·
Memotivasi siswa (health is wealth. Health is better than
wealth. The first wealth is health. Being healthy is everybody’s wish. But
sometimes we forget how precious health is until we get sick. Maintaining our
health is very important. So to stayhealthy, we have to eat healthy food and
live healthy live. We should not smoke and drink alcohol. Instead, eat more
fruit and vegetables and do exercise regularly)
|
·
Menjawab salam dan doa.
·
Mendengarkan
·
mendengarkan
·
Menjawab apersepsi guru
·
mendengarkan
|
Religius
Sopan
santun
Perhatian
|
10 menit
|
2
|
Inti
|
Eksplorasi
·
Menjelaskan materi tentang
recount text
·
Membagikan teks bacaan kepada siswa
|
·
Menyimak
|
Percaya diri.
Kerjasama kreatif.
Disiplin.
Tanggung jawab.
|
50 menit
|
Elaborasi
·
Membaca teks bersama siswa(
listen and repeat)
·
Meminta siswa membaca teks
secara bersama
·
Meminta siswa membaca teks
secara bergantian
·
Meminta seorang siswa membaca
teks di depan kelas
|
·
Mendengarkan kemudian membaca
·
Membaca secara bersama
·
Membaca secara bergantian
·
.membaca teks didepan kelas
|
||||
Konfirmasi
·
Menanyakan kata yang sulit
dan mengartiknya bersama siswa
·
Memberikan soal kepada siswa
|
·
Menyebutkan kata yang sulit
·
Menjawab soal
|
||||
3
|
penutup
|
·
Membahas soal bersama siswa
·
Menyimpulkan materi bersama
siswa
·
Memberikan feedback kepada
siswa
·
Mengakhiri pelajaran dengan
hamdalah dan salam
|
·
Membahas soal bersama guru
·
Menyimpulkan materi
·
Mengucapkan hamdalah dan salam
|
Percaya diri.
Kerjasama kreatif
|
20 menit
|
- Penilaian.
a. Teknik :
Tes tertulis
b. Bentuk :
uraian
c. Instrument :
terlampir
d. Pedoman Penilaian :
1. Jawaban benar skor 1
2. Nilai maksimal = 10
3. Nilai Siswa = 1 X 10
Rubrik Penilaian:
No.
|
Uraian
|
Skor
|
I
|
Setiap jawaban yang benar
Tidak menjawab
|
1
0
|
Mengetahui Pontianak. … Nopember 2012
Guru Pamong Mahasiswi
____Waldi , S.Pd_______ (Mita
Rosmina)
NIP.19551017 197703 1 002 NIM.
F42108040
Lampiran 1 (Materi Reading)
Recount Text
Secara harfiah, recount bermakna "menceritakan".
Jadi recount text bisa diartikan sebagai "Text yang menceritakan".
Recount text adalah a text that telling the
reader about one story, action or activity. Its goal is to entertaining or
informing the reader and tells the pas event. . (sebuah teks yang
menceritakan sebuah cerita, aksi ataupun aktifitas. Tujuan recount text adalah
untuk menghibur atau menginformasikan pembaca dan menceritakan kejadian di masa
lampau.)
past
tense
|
Past
|
Simple
|
S + V2
|
Continuous
|
S + was/were + V-ing
|
Perfect
|
S + had + V3
|
Perfect Continuous
|
S + had + been + V-ing
|
Keterangan:
V2 :
Past verb, misalnya kata “go” maka bentuk V2 (verb 2) nya adalah went
Lihat daftar
regular/irregular verb di kamus-kamus monolingual yang terpercaya,
semisal Go – went – gone
V3 :
Past participle, dikenal verb 3. Contoh kata verb 3 “go” adalah gone.
Past participle, dikenal verb 3. Contoh kata verb 3 “go” adalah gone.
V-ing
Adalah verb ditambah –ing yang menyatakan
perbuatan sedang atau masih dilakukan. . Contohnya go menjadi going yang
artinya sedang pergi.
Generic structure (susunan umum) recount text
ini terdiri dari:
- Orientation tells who was involved, what happened, where the events took place, and when it happened. ("Orientation" menceritakan siapa saja yang terlibat dalam cerita, apa yang terjadi, di mana tempat peristiwa terjadi, dan kapan terjadi peristiwanya)
- Events tell what happened and in what sequence. ("Event" menceritakan apa yang terjadi (lagi) dan menceritakan urutan ceritanya)
- Reorientation consists of optional-closure of events/ending. ("Reorientation" berisi penutup cerita / akhir cerita)
Lampiran teks, soal beserta kunci jawaban
Read the
text below (bacalah
text dibawah ini)
Nina was sick
two days ago. She got a fever. She stayed in bed all morning. She didn’t go to
school. Her mothers, Mrs. Dewi, telephoned the school to ask for her leave.
Then, she brought her to meet the doctor. The doctor examined her. He said, “
you get a flu, Nina. You should take a rest for three days. I’ll prescribe for
two kinds of medicine. I hope you’ll get well soon.” Nina and her mother
thanked the doctor.
After getting home, Mrs. Dewi went
to the dispensary to buy the medicines. It took some times to prepare the
medicine. The pharmacist then called Nina’s name. Mrs. Dewi drew near to pay
the medicine. “Your daughter should take the medicine three times a day, Ma’am”,
said the pharmacist. “All right,” said Mrs. Dewi. Then she paid for the
medicine and went home.
Read the
text carefully and answer the question by choosing the correct answer (a,b, c or ,d)
I.
Choose
the correct answer by crossing a, b, c, or d.
1.
Who
is sick?
a.
Nina
b.
Mrs.
Dewi
c.
Mr.
Dewi
d.
Doctor
2.
Who
is Mrs. Dewi?
a.
A
Doctor
b.
A
Nurse
c.
A
Teacher
d.
A Mother
3.
Why
was Nina absent from school?
a.
she
went out of town
b.
she got ill
c.
she
had to take care her sick mother
d.
she
worked in a dispensary
4.
How
did she feel?
a.
she felt feverish
b.
she
felt happy
c.
she
felt blissgul
d.
she
felt intense
5.
Whom did she meet?
a.
pediatrician
b.
doctor
c.
ophthalmologist
d.
oculist
6.
Who
examine Nina?
a.
Nurse
b.
Doctor
c.
Hospital
d.
Mother
7.
What
kind of disease did she have?.
a.
cough
b.
eye
strain
c.
influenza
d.
broken
bone
8.
How
often should she take the medicine?
a.
once
in two days
b.
three times a day
c.
three
times in two days
d.
twice
a day
9.
How
long should she take a rest?
a.
a
week
b.
two
days
c.
five
days
d.
three days
10.
Why
does Mrs. Dewi bring Nina to a doctor?
a.
because
Nina wants to see a doctor
b.
because Nina has a fever
c.
because
Mrs. Dewi cannot make the medicine herself
d.
because
Mrs. Dewi wants to better soon
Tidak ada komentar:
Posting Komentar