Minggu, 09 Desember 2012

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Listening (mendengarkan) Kelas/Semester : VIII (Delapan) / 1


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
                                                                (RPP)    

SMP                                                  : SMP NEGERI 1 Sungai Kakap
Mata Pelajaran                                  : Bahasa Inggris
Kelas/Semester                                  : VIII (Delapan) / 1
Jenis Teks                                          : Recount Text
Tema                                                 : Health
Aspek / Skill                                     : Listening (mendengarkan)
Alokasi Waktu                                  : 2 x 40 menit
Metode Pembelajaran / Teknik        :   
1)      Three-phase teknique
2)       identifying spoken language
3)      listen and answer

A.    Standar Kompetensi
Memahami   makna   dalam teks  lisan fungsional dan monolog pendek sederhana berbentuk  descriptive dan recount   untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar.

B.     Kompetensi Dasar
Merespon makna yang terdapat dalam monolog pendek sederhana secara akurat, lancar, dan berterima  untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar dalam teks berbentuk descriptive dan recount.

C.    Indikator
a.       Mengidentifikasi Informasi/makna yang terdapat dalam teks berbentuk    deskriptif dan recount.
b.      Mengidentifikasi fungsi dan langkah retorika teks berbentuk descriptif    dan recount

D.    Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran siswa dapat :
a. Memperoleh kosakata terkait dengan jenis teks
b. Menguasai Tata bahasa terkait dengan jenis teks
       c. Memperoleh berbagai informasi terkait jenis teks
d. Menguasai tujuan komunikatif dari teks yang didengar.

E.     Media :
whiteboard and a pieces of paper.

F.     Sumber :
Modul bahasa inggris pupin kelas 8 halaman 40 dan halaman 58

G.    Materi ajar: 
Terlampir


H.    Kegiatan Pembelajaran
No
Langkah
Kegiatan Guru
Kegiatan Siswa
Karakter
Waktu
1
Awal
·         Salam sapa dan doa
·         Mengecek kehadiran peserta didik
·         Menyampaikan indikator dan tujuan
·         Memberikan apersepsi: tanya jawab kepada siswa mengenai topic dan materi
a)      Have you aver had cough or cold?
b)      What causes cough or cold?
c)      Do you go to a doctor or hospital when you sick?
·         Memotivasi siswa (health is wealth. Health is better than wealth. The first wealth is health. Being healthy is everybody’s wish. But sometimes we forget how precious health is until we get sick. Maintaining our health is very important. We must eat nutritious food, drink a lot of water and always be thankful for being healthy)
·         menjawab salam dan doa

·         Mendengarkan
·         Menjawab apersepsi dari guru




·         mendengarkan
Religius
Sopan santun
Perhatian
10 menit
2





















Inti





















Eksplorasi
·         Menjelaskan meteri tentang recount text
·         Membagikan  teks kepada siswa
·         Menyampaikan secara umum isi dari teks
Elaborasi
·         Guru membaca teks sebanyak 3 kali dan meminta siswa mengisi teks yang rumpang
·         Menanyakan  kata yang sulit kepada siswa dan mengartikannya
Konfirmasi
·         Membacakan sekali lagi teks

·         Memberikan soal kepada siswa
·         .membahas soal bersama siswa

·         Menyimak

·         Mendengarkan


·         Mendengarkan sembari mengisi teks yang rumpang

·         Menyebutkan kata  yang sulit

·         Mendengarkan dan mengecek jawaban
·         Menjawab soal
·         Membahas soal

Percaya diri.
Kerjasama kreatif.
Disiplin.
Tanggung jawab.















50 menit




















3
Penutup
·         Bertanya kepada siswa tentang materi yang sudah dipelajari
·         Menyimpulkan materi bersama siswa
·         Memberikan feedback kepada siswa
·         Mengakhiri pelajaran dengan hamdalah dan salam
·         Menjawab pertanyaan guru

·         Menyimpulkan materi
·         Mendengarkan
·         Mengucapkan hamdalah dan menjawab salam
Percaya diri.
Kerjasama kreatif
Religious







20 menit



I.       Penilaian
a. Teknik         : Merespon ungkapan / pertanyaan secara tertulis
b. Bentuk        : Pertanyaan tertulis
c. Instrumen   : Terlampir
d. Pedoman Penilaian.
       1. Untuk nomor 1 - 5, Romawi I, tiap jawaban benar skor 3
    2. Untuk nomor 1 - 5, Romawi II, tiap jawaban benar diberi skor 2
    3. Jumlah skor maksimal             
        I. 5 x 3 = 15
         II .5 x 2 = 10
              Jml   =  25
      4. Nilai maksimal = 10
  5. Nilai Siswa =

I.                   Rubrik Penilaian:
  No.
Uraian
Skor
I
Isi benar, tata bahasa benar
Isi benar, tata bahasa kurang tepat
Isi dan tata bahasa kurang tepat
Tidak menjawab
3
2
1
0
II
Setiap jawaban yang benar
Setiap jawaban yang salah/tidak dijawab
2
0

Mengetahui                                                                           Pontianak,………………… 2012
Guru Pamong                                                                                                  Mahasiswi

                                                                       
____Waldi ,S.Pd_______                                                                   _____(Mita Rosmina)_____
NIP.19551017 197703 1 002                                                                     NIM. F42108040





Lampiran 1 (Materi)

Recount Text


Secara harfiah,  recount bermakna "menceritakan". Jadi recount text bisa diartikan sebagai "Text yang menceritakan".
Recount text adalah a text that telling the reader about one story, action or activity. Its goal is to entertaining or informing the reader and tells the pas event. . (sebuah teks yang menceritakan sebuah cerita, aksi ataupun aktifitas. Tujuan recount text adalah untuk menghibur atau menginformasikan pembaca dan menceritakan kejadian di masa lampau.)

past tense


Past
Simple
S + V2
Continuous
S + was/were + V-ing
Perfect
S + had + V3
Perfect Continuous
S + had + been + V-ing

Keterangan:

V2        :

Past verb, misalnya kata “go” maka bentuk V2 (verb 2) nya adalah went
Lihat daftar regular/irregular verb di kamus-kamus monolingual yang terpercaya,
semisal Go – went – gone

V3        :

Past participle, dikenal  verb 3. Contoh kata verb 3 “go”  adalah gone.


V-ing
Adalah verb ditambah –ing yang menyatakan perbuatan sedang atau masih dilakukan. . Contohnya go menjadi going yang artinya sedang pergi.

Generic structure (susunan umum) recount text ini terdiri dari:
  • Orientation tells who was involved, what happened, where the events took place, and when it happened. ("Orientation" menceritakan siapa saja yang terlibat dalam cerita, apa yang terjadi, di mana tempat peristiwa terjadi, dan kapan terjadi peristiwanya)
  • Events tell what happened and in what sequence. ("Event" menceritakan apa yang terjadi (lagi) dan menceritakan urutan ceritanya)
  • Reorientation consists of optional-closure of events/ending. ("Reorientation" berisi penutup cerita / akhir cerita)




Lampiran 2 ( Script Listening beserta soal dan kunci jawaban)

I.                   Listen to your teacher and fill the blanks according to the listening.

     Ali was sick two days ago. He had a cough and cold. He did not go to a doctor or hospital, but his mother, Mrs. Tono gave him a traditional medicine. She gave “jamu” to her son regularly, then her son became well.
     Mrs. Tono knew “jamu” from her mother. Usually Mrs. Tono made it herself but in this case she bought it in a shop.
     Now, Ali is sick again. He  has a serious cough. Mrs. Tono brings him to see a doctor. After examining, the doctor gave prescription to Mrs. Tono. She should buy medicine in a drugstore. Ali Gets some cough syrup and tablets.  He should drink a spoon of the syrup three times a day and a tablet three times a day, too. Mrs. Tono hopes that her son will get well soon.

Answer
1.      . son
2.      .mother
3.      .sick
4.      .doctor
5.      .medicine

II.                Choose the correct answer by crossing a,b,c,or d.

6.      Who is sick?
a.       .Ali
b.      .Mrs. tono
c.       .Mr. tono
d.      .Doctor

7.      Who gave him traditional medicine?
a.       .a doctor did
b.      .a nurse did
c.       .Mrs. tono did
d.      .Mr. tono did

8.      Did Ali suffer from a cough and cold?
a.       .yes, he was
b.      .no, he was not
c.       .yes, he did
d.      No he did not

9.      Why does Mrs. Tono bring Ali to a doctor?
a.       .because she wants to see a doctor
b.      . because he has a serious cough
c.       . because she cannot make the medicine herself
d.      . because he wants to better soon

10.   What kind of medicine did the doctor prescribe?
a.       .syrup and cough
b.      .syrup and tablet
c.       .tablet and pill
d.      .emulsion and syrup



Tidak ada komentar:

Posting Komentar