Minggu, 09 Desember 2012

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN Kelas/ Semester : VIII / I Keterampilan : Reading(membaca)


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah                                 : SMPN 1 Sungai Kakap
Mata Pelajaran                      : bahasa inggris
Kelas/ Semester                    : VIII / I
Jenis teks                              : descriptive text
Tema                                     : Flora dan Fauna
Keterampilan                        : Reading(membaca)
Alokasi                                 : 2x40 menit
Metode / teknik pengajaran  : Tanya jawab, Diskusi, Three-phase technique

A.    Standar kompetensi
Memahami makna teks tulis fungsional dan esei pendek sederhana  berbentuk descriptive dan recount  yang berkaitan dengan lingkungan sekitar.
B.     Kompetensi dasar
Merespon makna dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana secara akurat, lancar dan berterima  yang berkaitan dengan lingkungan sekitar dalam teks berbentuk descriptive dan recount
C.    Indicator
a.  Mengidentifikasi gagasan utama dari teks berbentuk deskripsi
b.  Menentukan gambaran umum dari teks
c.  Menentukan informasi yang tersurat
d.  Menentukan makna kata dari teks

D.    Tujuan pembelajaran
       Pada akhir pembelajaran siswa dapat :
a.  Mengidentifikasi gagasan utama dari teks berbentuk deskripsi
b.  Menentukan gambaran umum dari teks
c.  Menentukan informasi yang tersurat
d.  Menentukan makna kata dari teks

E.     Media Pembelajaran
1.      Gambar
2.      Papan tulis

F.     Sumber Pembelajaran
1.      Gambar dari Internet
2.      Materi dari Modul Bahasa Inggris PUPIN halaman11 dan halamana 62

G.    Materi (Terlampir)

H.    Kegiatan Pembelajaran
No
Langkah
Kegiatan guru
Kegiatan siswa
Karakter
Waktu
1
Awal
·         Salam sapa dan doa

·         Menyampaikan indicator dan tujuan
·         Memberikan apersepsi (…..)
·         Menjawab salam dan
·         Mendengar

·         mendengar

Religious

Rasa ingin tahu

Disiplin
5 menit
2
Inti
Eksplorasi
·         Menjelaskan materi tentang descriptive text beserta structure nya.
·         Memberikan teks kepada siswa
·         Guru membaca teks dan siswa mengikuti
Elaborasi
·         Meminta siswa membaca teks secara bersamaan
·         Meminta siswa membaca teks  secara bergantian.
·         Meminta seorang  siswa membaca teks  didepan kelas.

Konfirmasi
·         Mengecek kembali pemahaman siswa
·         Meminta beberapa siswa untuk menuliskan ungkapan yg mereka ingat  dan sulit maknanya dipapan tulis.
·         Bertanya kepada siswa yg lain apakah tulisan temannya  sudah benar atau tidak dan menanyakan maknanya.




·         Mendengarkan





·         Mendengarkan dan mengikuti


·         Membaca teks


·         Membaca teks


·         Membaca Teks  didepan kelas



·         menyimak

·         menuliskan ungkapan yg diminta guru



·         menjawab tulisan temannya benar atau salah dan menjawab makna

Keseriusan
Kerjasama kreatif





50 menit
3
Akhir
·         meminta seorang siswa untuk membaca sekali lagi teks dengan suara lantang
·         memberikan feedback atas siwa sekaligus menyimpulkan materi pelajaran
·         memberikan tugas terstruktur kepada siswa.
·         menutup pelajaran dgn hamdalah

·         membaca



·         menyimak








·         mengucapkan hamdalah
Kerjasama efektif
Religious
25 menit

I.       Penilaian (tugas terstruktur)
Indicator
Teknik
Instrument
1.      Mengidentifikasi gagasan utama dari teks berbentuk deskripsi

2.      Menentukan gambaran umum dari teks

3.      Menentukan informasi yg tersurat

4.      Menentukan makna kata dari teks

tertulis
1.      What is the main idea of Paragraph 2 ?






2.        What is the text talk about ?



3.      What is the colour of  giraffe spot?
4.      How giraffe  protect it self ?


5.       It can gallop away ….the underlined word in Indonesian means …

 Rubrik Penilaian
Score
Penilaian

2
1
0,5
0
Isi benar, tata bahasa benar
Isi benar, tata bahasa kurang tepat
Isi kurang tepat, tata bahasa kurang tepat
Isi salah, tata bahasa salah


    Pedoman Penilaian

1, Tiap nomor yang benar diberi nilai 2
2. Jumlah score maksimal 2 x 5 = 10
3. Perhitungan nilai akhir adalah sebagai berikut:

Nilai akhir =  Perolehan score  x score ideal (10)
                                     Total score maks

Mengetahui                                                                           Pontianak.29 Nopember 2012
Guru Pamong                                                                                                  Mahasiswi

                                                                       
____Waldi ,S.Pd_______                                                                   _____(Mita Rosmina)_____
NIP.19551017 197703 1 002                                                                     NIM. F42108040



                                                DosenPembimbing PPL


                                    _______Drs. Luwandi  S., M. Hum______
                                    NIP. 131877116196211011990021001



Lampiran Materi ajar
1.Definisi descriptive adalah a kind of text to describe someone, something or place so it become clear and specific.
 Communicative purpose of descriptive text is to describe the characteristic of something, someone and place.
Structure od descriptive text is
1)      Identification: it is the part of the text that introduces the topic of the text.
2)      Description: it is the part of the text that describes the topic clearly and specifically.
Vocabulary berkaitan dengan girrafe : mammal, tall,spots,horn, lash,head,gallop,strong,legs
2. Spelling & Prononciation
3. Present Tense : A girrafe is a mammal,
4. Contoh teks Deskrips

Langkah  Retorika       
Contoh Teks
Identification: A giraffe is a mammal.
Description:  It’s about six meters tall. It eats leaves. It has a big brown eyes. They are protected by very thick lashes. The skin has many spots. The spots are brown. This coloring helps the giraffe from its enemy. It also has two short horns on its head.
        The giraffe has two methods of self protection. If something frightens an adult giraffe, it can gallop away at about fifty kilometer  per hour or stay to fight with its strong legs






Lampiran Soal dan Kunci Jawaban
1.      What is the main idea of Paragraph 2 ? The giraffe has two methods of self protection.
2.      What is the text talk about ? About giraffe
3.      What is the color of  giraffe spot? The colors of  giraffe spot is brown
4.      How giraffe  protect it self ? The giraffe has two methods of self protection. If something frightens an adult giraffe, it can gallop away at about fifty kilometer  per hour or stay to fight with its strong legs.
5.       It can gallop away ….the underlined word in Indonesian means berlari kencang























Tidak ada komentar:

Posting Komentar