RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah :
SMPN 1 Sungai Kakap
Mata Pelajaran : bahasa inggris
Kelas/ Semester : VIII / I
Jenis teks : descriptive text
Tema :
Flora dan Fauna
Keterampilan : Reading(membaca)
Alokasi : 2x40 menit
Metode / teknik
pengajaran : Tanya jawab, Diskusi, Three-phase technique
A. Standar kompetensi
Memahami makna teks tulis fungsional dan esei pendek sederhana berbentuk descriptive dan recount yang berkaitan dengan lingkungan sekitar.
B. Kompetensi dasar
Merespon
makna dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana secara akurat, lancar
dan berterima yang berkaitan dengan
lingkungan sekitar dalam teks berbentuk descriptive dan recount
C. Indicator
a. Mengidentifikasi gagasan
utama dari teks berbentuk deskripsi
b. Menentukan gambaran umum
dari teks
c. Menentukan informasi yang
tersurat
d. Menentukan makna kata dari
teks
D. Tujuan pembelajaran
Pada akhir pembelajaran
siswa dapat :
a. Mengidentifikasi gagasan
utama dari teks berbentuk deskripsi
b. Menentukan gambaran umum
dari teks
c. Menentukan informasi yang
tersurat
d. Menentukan makna kata dari
teks
E. Media Pembelajaran
1.
Gambar
2.
Papan tulis
F. Sumber Pembelajaran
1. Gambar dari Internet
2. Materi dari Modul Bahasa Inggris
PUPIN halaman11 dan halamana 62
G. Materi (Terlampir)
H. Kegiatan Pembelajaran
No
|
Langkah
|
Kegiatan
guru
|
Kegiatan
siswa
|
Karakter
|
Waktu
|
1
|
Awal
|
·
Salam sapa dan doa
·
Menyampaikan indicator dan
tujuan
·
Memberikan apersepsi (…..)
|
·
Menjawab salam dan
·
Mendengar
·
mendengar
|
Religious
Rasa ingin tahu
Disiplin
|
5 menit
|
2
|
Inti
|
Eksplorasi
·
Menjelaskan materi tentang
descriptive text beserta structure nya.
·
Memberikan teks kepada siswa
·
Guru membaca teks dan siswa
mengikuti
Elaborasi
·
Meminta siswa membaca teks
secara bersamaan
·
Meminta siswa membaca teks secara bergantian.
·
Meminta seorang siswa membaca teks didepan kelas.
Konfirmasi
·
Mengecek kembali pemahaman
siswa
·
Meminta beberapa siswa untuk
menuliskan ungkapan yg mereka ingat dan
sulit maknanya dipapan tulis.
·
Bertanya kepada siswa yg lain
apakah tulisan temannya sudah benar
atau tidak dan menanyakan maknanya.
|
·
Mendengarkan
·
Mendengarkan dan mengikuti
·
Membaca teks
·
Membaca teks
·
Membaca Teks didepan kelas
·
menyimak
·
menuliskan ungkapan yg
diminta guru
·
menjawab tulisan temannya
benar atau salah dan menjawab makna
|
Keseriusan
Kerjasama kreatif
|
50 menit
|
3
|
Akhir
|
·
meminta seorang siswa untuk membaca
sekali lagi teks dengan suara lantang
·
memberikan feedback atas siwa
sekaligus menyimpulkan materi pelajaran
·
memberikan tugas terstruktur
kepada siswa.
·
menutup pelajaran dgn
hamdalah
|
·
membaca
·
menyimak
·
mengucapkan hamdalah
|
Kerjasama
efektif
Religious
|
25 menit
|
I.
Penilaian (tugas terstruktur)
Indicator
|
Teknik
|
Instrument
|
1.
Mengidentifikasi gagasan
utama dari teks berbentuk deskripsi
2.
Menentukan gambaran umum dari
teks
3.
Menentukan informasi yg
tersurat
4.
Menentukan makna kata dari
teks
|
tertulis
|
1.
What is the main idea of Paragraph 2 ?
2.
What is the text
talk about ?
3.
What is the colour of giraffe spot?
4.
How giraffe protect
it self ?
5.
It can gallop
away ….the underlined word in Indonesian means …
|
Rubrik Penilaian
Score
|
Penilaian
|
||||||||
|
|
Pedoman Penilaian
1, Tiap nomor yang benar diberi nilai 2
2. Jumlah score maksimal 2 x 5 = 10
3. Perhitungan nilai akhir adalah sebagai berikut:
Nilai akhir = Perolehan
score x score ideal (10)
Total score
maks
|
Guru Pamong Mahasiswi
____Waldi ,S.Pd_______ _____(Mita
Rosmina)_____
NIP.19551017 197703 1 002 NIM. F42108040
DosenPembimbing
PPL
_______Drs.
Luwandi S., M. Hum______
NIP.
131877116196211011990021001
Lampiran Materi ajar
1.Definisi descriptive adalah a kind of text to describe someone,
something or place so it become clear and specific.
Communicative purpose of
descriptive text is to describe the characteristic of something, someone and
place.
Structure od descriptive text is
1)
Identification: it is the part
of the text that introduces the topic of the text.
2)
Description: it is the part of
the text that describes the topic clearly and specifically.
Vocabulary berkaitan dengan girrafe : mammal, tall,spots,horn,
lash,head,gallop,strong,legs
2. Spelling & Prononciation
3. Present Tense : A girrafe is a mammal,
4. Contoh teks Deskrips
Langkah Retorika
Contoh Teks
Identification: A giraffe is a mammal.
Description: It’s about six
meters tall. It eats leaves. It has a big brown eyes. They are protected by
very thick lashes. The skin has many spots. The spots are brown. This coloring
helps the giraffe from its enemy. It also has two short horns on its head.
The giraffe has two methods of self
protection. If something frightens an adult giraffe, it can gallop away at
about fifty kilometer per hour or stay
to fight with its strong legs
Lampiran Soal
dan Kunci Jawaban
1. What is the main idea of Paragraph 2 ? The giraffe has two methods
of self protection.
2. What is the text talk about ? About giraffe
3. What is the color of giraffe
spot? The colors of giraffe spot is
brown
4. How giraffe protect it self ?
The giraffe has two methods of self protection. If something frightens an adult
giraffe, it can gallop away at about fifty kilometer per hour or stay to fight with its strong
legs.
5.
It can gallop away ….the underlined word
in Indonesian means berlari kencang
Tidak ada komentar:
Posting Komentar