RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SMP : SMP NEGERI 1 Sungai
Kakap
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : VIII (Delapan) / 1
Jenis Teks :
Monolog
Tema :
Travelling
Aspek / Skill :
Berbicara
Alokasi Waktu :
2 x 40 menit
Metode Pembelajaran / Teknik : Three-phase technique
A. Standar Kompetensi :
Mengungkapkan makna dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek sederhana yang berbentuk descriptive dan
recount untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar
B. Kompetensi Dasar :
Mengungkapkan
makna dalam monolog pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar,
dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar dalam teks berbentuk
descriptive
C. Indikator :
- Bertanya dan menjawab berbagai informasi
secara lisan dalam teks pendek berbentuk descriptive
- Melakukan monolog pendek dalam bentuk descriptive
D. Tujuan
Pembelajaran.
Pada akhir pembelajaran siswa
dapat :
a.
Menanyakan
berbagai informasi secara lisan dalam teks pendek berbentuk recount.
b.
Menjawab
pertanyaan tentang berbagai informasi secara lisan dalam teks berbentuk
recount.
c.
Melakukan
monolog pendek dalam bentuk recount.
- Media : gambar dan papan tulis
- Sumber
a.
Buku Let’s Talk. Grade VIII for
Junior high school/ Bachtiar Bima M./ Pakar Raya/ halaman 50 s.d. 72.
b.
Contoh text recount
c.
Gambar – gambar tempat rekreasi
- Materi Pembelajaran : terlampir
H.
Langkah - langkah Kegiatan.
No
|
Langkah
|
Kegiatan guru
|
Kegiatan siswa
|
Karakter
|
Waktu
|
1
|
Awal
|
·
Salam
sapa dan doa
·
Mengecek
kehadiran peserta didik
·
Menyampaikan
indikator dan tujuan
·
Memberikan
apersepsi: Tanya jawab tentang berbagai hal terkait topik dan materi
a)
Do you know khatulistiwa monument, singkawang,
pasir panjang beach or sinka island?
b)
Have you ever gone there to spent your holiday?
c)
How you spend your holiday?
Travelling is making journey or going to other
places to see new thing or just to have some fun. Some people make travelling
as their hobby. Before going on a holiday, we need to make a plan about the
holiday. A travel agent can help us planning
our holiday and giving information about the place we’re going to
visit.
|
·
Menjawab salam dan doa.
·
Mendengarkan
·
Menjawab apersepsi guru
|
Religius
Sopan
santun
Perhatian
|
10 menit
|
2
|
Inti
|
·
Membantu Mengembangkan kosakata, tata bahasa terkait topik
/ jenis teks recount
·
Meminta siswa Menjawab
pertanyaan tentang isi teks lisan.
·
Meminta siswa Mengidentifikasi
kejadian, peristiwa, pengalaman yang pernah dialami melalui tanya jawab
·
Meminta siswa Melakukan monolog dalam bentuk recount berdasarkan gambar gambar yang
diberikan oleh guru atau menggunakan ide sendiri.
|
·
Menjawab isi teks lisan
·
Merespon perintah guru
.
·
Beberapa siswa Melakukan monolog
|
Percaya diri.
Kerjasama kreatif.
Disiplin.
Tanggung jawab.
|
50 menit
|
3
|
Akhir
|
·
Menanyakan kesulitan siswa selama belajar.
·
Menyimpulkan materi pembelajaran bersama siswa .
·
Memberikan feedback kepada
siswa
·
Mengakhiri pelajaran dengan
hamdalah dan salam
|
·
Menyebutkan kesulitan selama proses
belajar.
·
Menyimpulkan materi bersama guru.
·
mendengarkan
·
Mengucapkan hamdalah dan salam
|
Percaya diri.
Kerjasama kreatif
Religius
|
20 menit
|
- Penilaian.
Nilai
maksimal = 100
Nama
|
Pengucapan
|
Tata bahasa
|
Kelancaran
|
Pemahaman
|
Jumlah
|
Scor max 25
|
Scor max 25
|
Scor max 25
|
Scor max 25
|
100
|
|
Ana
|
20
|
18
|
20
|
22
|
80
|
a. Teknik :
Tes lisan
b. Bentuk :
Unjuk kerja
c. Instrument :
terlampir
Mengetahui Pontianak. … Nopember 2012
Guru Pamong Mahasiswi
____Waldi , S.Pd_______ (Mita
Rosmina)
NIP.19551017 197703 1 002 NIM.
F42108040
Lampiran materi speaking
a. Teks pendek berbentuk
recount
- Informasi faktual
- Informasi rinci
- Gagasan pendukung dalam teks pendek
b. Recount
Social function : to retell events for the purpose of
informing or entertaining.
c. Generic/ schematic structure
1. Orientation : To provide the setting and to
introduce participants
2. Series of events: To
tell what happen, in what sequence
3. Re-orientation : To
identify optional – closure of events
d. Significance of Lexico-grammatical Features
- To focus on specific participants
- To use of Material Processes
- To identify Circumstances and places
- To use past tense
- To focus on temporal sequence
Regular verbs
|
Irregular verbs
|
visit -
visited
like - liked
enjoy - enjoyed
|
go -
went is -
was
see -
saw am -
was
leave -
left
are - were
|
Contoh
: Text recount
Struktur generik
|
Borobudur Temple
|
Ciri – ciri Leksiko gramatika
|
Orientation
|
Last holiday my friends and I visitied
Borobudur Temple. It is the biggest
temple in the world. We went
there by private car .
|
Focus on specific participant
( in Bold )
|
Event 1
|
There , we saw the
wonderful Borobudur Temple. Then we had a chat with a foreign tourist to practice
our English.
|
Use of material process
( in italic )
|
Event 2
|
After taking
a picture with the foreign tourists, we walked
around the Borobudur Temple’s yard to buy some
souvenirs.
|
Circumtances of time and place
( underlined )
|
Re-orientation
|
Although we were very
tired we felt very happy. It was
the most unforgetable experience we
have ever had
|
Focus on temporal sequence
( Then , after )
|
Listen the recount text and answer the questions orally.
1. When did
the writer and his friends visit Borobudur Temple
2. How did
they go there ?
3. What did
they do at Borobudur Temple ?
4. Where did
they buy souvenir ?
Lampiran
Instrumen Penilaian
There are some pictures about
recreation spots, choose one of them and
tell it at least five sentences!
Experience consists of : orientation and series of events. Or you may
choose your own idea.
1.
Khatulistiwa monument
2.
Sinka island
3.
Pasir panjang beach
4.
Bukit kelam
5.
Tanjung datok mempawah
6.
Gabtumg bridge
7.
Pancur aji waterfall
8.
Kijimg beach
Tidak ada komentar:
Posting Komentar