Minggu, 09 Desember 2012

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Kelas/Semester : VIII (Delapan) / 1 Aspek / Skill : Berbicara


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

SMP                           :   SMP NEGERI 1 Sungai Kakap
Mata Pelajaran           :  Bahasa Inggris
Kelas/Semester           :  VIII (Delapan) / 1
Jenis Teks                 : Monolog
Tema                        : Travelling
Aspek / Skill             : Berbicara
Alokasi Waktu         : 2 x 40 menit
Metode Pembelajaran / Teknik : Three-phase technique

A.    Standar Kompetensi  :
Mengungkapkan   makna dalam teks  lisan fungsional dan monolog pendek    sederhana yang berbentuk descriptive dan recount untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar

B.     Kompetensi Dasar   :
Mengungkapkan makna dalam monolog pendek sederhana dengan menggunakan    ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar dalam teks berbentuk descriptive

C.     Indikator                    :
-   Bertanya dan menjawab berbagai informasi secara lisan dalam teks pendek berbentuk descriptive
-   Melakukan monolog pendek dalam bentuk  descriptive

D.    Tujuan Pembelajaran.
Pada akhir pembelajaran siswa dapat :
a.                   Menanyakan berbagai informasi secara lisan dalam teks pendek berbentuk recount.
b.                  Menjawab pertanyaan tentang berbagai informasi secara lisan dalam teks berbentuk recount.
c.                   Melakukan monolog pendek dalam bentuk recount.

  1. Media : gambar dan papan tulis

  1. Sumber
a.       Buku Let’s Talk. Grade VIII for Junior high school/ Bachtiar Bima M./ Pakar Raya/ halaman 50 s.d. 72.
b.      Contoh text recount
c.       Gambar – gambar tempat rekreasi
                                http://visitpulaukalimantan.blogspot.com/

  1. Materi Pembelajaran : terlampir



H.    Langkah - langkah Kegiatan.

No
Langkah
Kegiatan guru
Kegiatan siswa
Karakter
Waktu
1
Awal
·         Salam sapa dan doa
·         Mengecek kehadiran peserta didik
·         Menyampaikan indikator dan tujuan
·         Memberikan apersepsi: Tanya jawab tentang berbagai hal terkait topik  dan materi
a)      Do you know khatulistiwa monument, singkawang, pasir panjang beach or sinka island?
b)      Have you ever gone there  to spent your holiday?
c)      How you spend your holiday?
Travelling is making journey or going to other places to see new thing or just to have some fun. Some people make travelling as their hobby. Before going on a holiday, we need to make a plan about the holiday. A travel agent can help us planning  our holiday and giving information about the place we’re going to visit.
·         Menjawab salam dan doa.

·         Mendengarkan
·         Menjawab apersepsi guru






Religius
Sopan santun
Perhatian
10 menit
2
Inti
·         Membantu Mengembangkan kosakata, tata bahasa terkait topik / jenis teks recount
·         Meminta siswa Menjawab pertanyaan tentang isi teks lisan.
·         Meminta siswa Mengidentifikasi kejadian, peristiwa, pengalaman yang pernah dialami melalui tanya jawab
·         Meminta siswa Melakukan monolog dalam bentuk  recount berdasarkan gambar gambar yang diberikan oleh guru atau menggunakan ide sendiri.


·         Menjawab isi teks lisan

·         Merespon perintah guru .


·         Beberapa siswa Melakukan monolog

Percaya diri.
Kerjasama kreatif.
Disiplin.
Tanggung jawab.

50 menit
3
Akhir
·         Menanyakan kesulitan siswa selama belajar.
·         Menyimpulkan materi pembelajaran bersama siswa .
·         Memberikan feedback kepada siswa
·         Mengakhiri pelajaran dengan hamdalah dan salam

·         Menyebutkan kesulitan selama proses belajar.
·         Menyimpulkan materi bersama guru.
·         mendengarkan
·         Mengucapkan hamdalah dan salam
Percaya diri.
Kerjasama kreatif
Religius

20 menit





  1. Penilaian.

            Nilai maksimal                            =  100

Nama
Pengucapan
Tata bahasa
Kelancaran
Pemahaman
Jumlah
Scor max 25
Scor max 25
Scor max 25
Scor max 25
100
Ana
20
18
20
22
80

a.       Teknik                   : Tes lisan
b.      Bentuk                  : Unjuk kerja
c.       Instrument             : terlampir
                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                             

Mengetahui                                                                                   Pontianak. …  Nopember 2012
  Guru Pamong                                                                                                Mahasiswi

                                                                       
____Waldi , S.Pd_______                                                                              (Mita Rosmina)
   NIP.19551017 197703 1 002                                                                      NIM. F42108040



Lampiran materi speaking

a. Teks pendek berbentuk recount
    -  Informasi faktual
    -  Informasi rinci
    -  Gagasan pendukung dalam teks pendek
b. Recount
 Social function     : to retell events for the purpose of informing or entertaining.
c. Generic/ schematic structure
    1. Orientation       : To provide the setting and to introduce participants
    2. Series of events: To tell what happen, in what sequence
    3. Re-orientation  :  To identify optional – closure of events
d. Significance of Lexico-grammatical Features
- To focus on specific participants
- To use of Material Processes
- To identify Circumstances and places
-  To use past tense
               - To focus on temporal sequence

Regular verbs
Irregular verbs
visit             -        visited
like              -         liked
enjoy           -         enjoyed
go        -     went                     is     -     was
see       -     saw                      am   -     was
leave   -     left                       are   -     were



















   Contoh  : Text recount


Struktur generik
Borobudur Temple
Ciri – ciri Leksiko gramatika

Orientation


Last holiday my friends and I visitied Borobudur Temple. It is the biggest temple in the world. We went there by private car .

Focus on specific participant
( in Bold )

Event 1
There , we saw the wonderful Borobudur Temple. Then we had a chat with a foreign tourist to practice our English.

Use of material process
( in italic )


Event 2
After taking a picture with the foreign tourists, we walked around the Borobudur Temple’s yard to buy some souvenirs.

Circumtances of time and place
( underlined )

Re-orientation
Although we were very tired we felt very happy. It was the most unforgetable experience we have ever had

Focus on temporal sequence
 ( Then , after )

Listen the recount text and answer the questions  orally.
    1. When did the writer and his friends visit Borobudur Temple
    2. How did they go there ?
    3. What did they do at  Borobudur Temple ?
    4. Where did they buy souvenir ?
Lampiran Instrumen Penilaian

There are some  pictures about recreation spots,  choose one of them and tell it at least five  sentences! Experience consists of  :  orientation and series of events. Or you may choose your own idea.
1.      Khatulistiwa monument
2.      Sinka island
3.      Pasir panjang beach
4.      Bukit kelam
5.      Tanjung datok mempawah
6.      Gabtumg bridge
7.      Pancur aji waterfall
8.      Kijimg beach


                        



















































 

                                               

Tidak ada komentar:

Posting Komentar