Rabu, 12 Juni 2013

Ayo Menikah

NEKAT NGUTANG UNTUK NIKAH?

Al-Imam Ahmad berkata: "Hendaknya seorang hamba di zaman ini berhutang untuk menikah, agar ia tidak melihat perkara yang tidak halal baginya, sehingga gugurlah amalannya"

Kalau Al-Imam Ahmad mengucapkan hal ini di zaman beliau (164 H (780 M) - 241 H (855 M)), maka bagaimana lagi dengan zaman kita ini??? (dimana godaan maksiat semakin besar dan ada dimana-mana)

Sebagaimana sabda Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam tentang faedah nikah "Sesungguhnya nikah lebih menjaga kemaluan dan lebih menundukan pandangan"

Oleh karenanya para ulama (diantaranya Al-Lajnah Ad-Daaimah, Syaikh Bin Baaz, dan Syaikh al-Utsaimin) memfatwakan bolehnya memberikan uang zakat kepada seorang pemuda yang hendak menikah akan tetapi tidak punya biaya untuk menikah, karena kebutuhan menikah adalah kebutuhan yang mendesak. (yaitu untuk biaya2 pokok/penting saja, bukan untuk hura2/pemborosan)

“Dan kawinkanlah orang orang yang sendirian di antara kamu, dan orang orang yang layak (berkawin) dari hamba hamba sahayamu yang lelaki dan hamba hamba sahayamu yang perempuan. Jika mereka miskin, Allah akan memampukan mereka dengan karuniaNya. Dan Allah Maha Luas pemberianNya lagi Maha Mengetahui” (QS An Nuur: 32)

Dalam hadits shohih bukhori disebutkan nabi menikahkan seorang wanita dgn pria yang sangat miskin, sampai-sampai pria itu tidak punya harta untuk memberi mahar meski sekedar cincin besi. Akhirnya, maharnya berupa mengajarkan al Quran kepada isterinya. Dari segi nafkah lahiriah (harta) bagi isteri mungkin kurang selama kondisi ekonomi pria tersebut belum berubah, namun wanita tersebut tetap mendapat banyak manfaat dari pernikahannya dgn orang miskin, misalnya: ada yg menjaga, melindungi, menemani, memberi nafkah batin, mengajari, dan mungkin saja kemudian keadaan ekonominya membaik di kemudian hari.

Namun, wanita boleh saja sengaja mencari calon suami yang kaya dan mapan, dgn syarat calon suami tersebut juga harus baik agamanya. Nabi memerintahkan menikah dgn orang yang baik agamanya agar beruntung hidupnya. Silahkan mencari jodoh dgn kriteria apapun, dgn catatan agamanya harus bagus dan akhlaknya baik.

http://www.facebook.com/firanda.andirja

www.firanda.com

http://www.facebook.com/StatusNasehatUntukSaudaraku

Tidak ada komentar:

Posting Komentar